Pelaporan dan Pengungkapan

MAKALAH

PELAPORAN DAN PENGUNGKAPAN

 

 

Riana Hapsari

27213569

4EB28

 

TUGAS MAKALAH

AKUNTANSI INTERNASIONAL

 


 

PENDAHULUAN

Perkembangan sistem pengungkapan sangat berkaitan dengan perkembangan sistem akuntansi. Standar dan praktik pengungkapan dipengaruhi oleh sumber-sumber keuangan, sistem hukum, ikatan politik dan ekonomi, tingkat pembangunan ekonomi, tingkat pendidikan, budaya, dan pengaruh lainnya. Perbedaan nasional dalam pengungkapan umumnya didorong oleh perbedaan dalam tata kelola perusahaan dan keuangan.

Di Amerika Serikat, Inggris dan negara-negara Anglo Amerika lainnya, pasar ekuitas menyediakan kebanyakan pendanaan yang dibutuhkan perusahaan sehingga menjadi sangat maju. Di pasar-pasar tersebut, kepemilikan cenderung tersebar luas di antara banyak pemegang saham dan perlindungan terhadap investor sangat ditekankan. Investor institusional memainkan peranan yang semakin penting di negara-negara ini, menuntut pengembalian keuangan dan nilai pemegang saham yang meningkat.Di kebanyakan negara-negara lain (seperti Prancis, Jepang dan beberapa negara pasar yang berkembang), Kepemilikan saham masih masih tetap sangat terkonsentrasi dan bank (atau pemilik keluarga) secara tradisional menjadi sumber utama pembiayaan perusahaan. Bank-bank ini, kalangan dalam dan lainnya memperoleh banyak informasi mengenai posisikeuangan dan aktivitas perusahaan.

Pemilihan pengungkapan manajer mencerminkan keseluruhan akibat keperluan pengungkapan dan insentif mereka untuk menguraikan informasi dengan sukarela. Sejumlah aturan akuntansi, pengungkapan dan pengesahan oleh pihak ketiga (seperti auditing) dapat memperbaiki berfungsinya pasar. Aturan akuntansi mencoba mengurangi kemampuan manajer dalam mencatat transaksi-transaksi ekonomi dengan cara yang tidak mewakili kepentingan terbaik pemegang saham. Aturan pengungkapan menetapkan ketentuan-ketentuan untuk memastikan bahwa para pemegang saham menerima informasi yang tepat waktu, lengkap dan akurat.

Sebelum kita membahas mengenai pengungkapan laporan keuangan akuntansi internasional terlebih dahulu kita harus mengetahui pengertian pengukuran dan pengungkapan. Pengukuran adalah proses mengidentifikasikan, mengelompokkan, dan menghitung aktivitas ekonomi atau transaksi. Pengukuran itu memberikan masukan mendalam mengenai probabilitas operasi suatu perusahaan dan kekuatan posisi keuangan. Pengungkapan adalah proses dimana pengukuran akuntansi dikomunikasikan kepada para pengguna laporan keuangan dan digunakan dalam pengambilan keputusan. Bidang ini memusatkan memusatkan perhatian pada isu-isu seperti apa yang akan dilaporkan, kapan, dengan cara apa, dan kepada siapa.


PEMBAHASAN

A. Alasan Proses Pengungkapan

Beberapa studi menunjukkan bahwa manajer memiliki dorongan untuk mengungkapkan informasi mengenai kinerja perusahaan saat ini dan saat mendatang secara sukarela. Dalam laporan terakhir, Badan Standar Akuntansi Keuangan (FASB) menjelaskan sebuah proyek FASB mengenai pelaporan bisnis yang mendukung pandangan bahwa perusahaan akan mendapatkan manfaat pasar modal dengan meningkatkan pengungkapan sukarelanya. Laporan ini berisi tentang bagaimana perusahaan dapat menggambarkan dan menjelaskan potensi investasinya kepada para investor. Sejumlah aturan, seperti aturan akuntansi dan pengungkapan, dan pengesahan oleh pihak ketiga (seperti auditing) dapat memperbaiki berfungsinya pasar. Aturan akuntansi mencoba mengurangi kemampuan manjer dalam mencatat transaksi-transaksiekonomi dengan cara yang tidak mewakili kepentingan terbaik pemegang saham. Aturan pengungkapan menetapkan ketentuan-ketentuan untuk memastikan bahwa para pemegang saham menerima informasi yang tepat waktu, lengkap dan akurat. Full Disclosure adalah pengungkapan yang menyajikan semua informasi yang relevan. Informasi yang diungkapkan adalah informasi minimum yang diwajibkan ditambah dengan informasi lain yang diungkapkan secara sukarela.

Full Disclosure memiliki 2 jenis :

  1.  Pengungkapan Wajib (mandatory disclosure)

Merupakan pengungkapan minimum yang harus diungkapkan atau disyaratkan oleh standar akuntansi yang berlaku (kewajiban perusahaan). Perusahaan memperoleh manfaat dari menyembunyikan, sementara yang lain dengan mengungkapkan informasi. Jika perusahaan tidak bersedia untuk mengungkapkan secara sukarela maka pengungkapan wajib akan memaksa perusahaan untuk mengungkapkannya. Pengungkapan wajib yang diwajibkan oleh Bapepam memuat 79 item pengungkapan informasi laporan tahunan.

  • Perlindungan terhadap pemegang saham atau investor berbeda dari satu negara ke negara lain.
  • Pada umumnya bursa efek dan badan regulator pemerintah mengharuskan perusahaan asing yang mencatatkan sahamnya untuk memberikan informasi keuangan dan non keuangan yang sama dengan yang diharuskan kepada perusahaan domestik.
  • Investor yang memiliki informasi yang cukup untuk mengevaluasi kinerja dan prospek sebuah perusahaan. Tempat yang terbukti atas hal ini adalah AS yang standar pengungkapannnya secara umum dipandang paling ketat di dunia.
  • Perlindungan pemegang saham di AS itu sangat ketat, sedangkan perlindungan pemegang saham di negara – negara lain kurang mendapat perhatian.

     2. Pengungkapan Sukarela (voluntary disclosure)

Merupakan pengungkapan yang tidak diwajibkan peraturan, dimana perusahaan bebas memilih jenis informasi yang akan diungkapkan yang sekiranya dapat mendukung dalam pengambilan keputusan. Pengungkapan ini berupa butir-butir yang dilakukan sukarela oleh perusahaan. Item pengungkapan sukarela terdiri dari 33 item informasi yang diungkap.

  • Investor di seluruh dunia menuntut informasi yang lebih detail dan lebih tepat waktu, tingkat pengungkapan sukarela semakin meningkat, baik di negara dengan pasar yang sudah maju maupun yang sedang berkembang
  • Dalam laporan terakhir Badan Standar Akuntansi Keuangan ( FASB ) menjelaskan sebuah proyek FASB  mengenai pelaporan bisnis yang mendukung pandangan bahwa perusahaan akan mendapat manfaat pasar modal dengan meningkatkan pengungkapan sukarelanya.
  • Manajer memiliki informasi mengenai kinerja perusahaan saat ini pada masa mendatang yang lebih baik bila dibandingkan dengan pihak eksternal.
  • Bukti – bukti kuat menunjukkan bahwa manajer perusahaan sering memiliki dorongan kuat untuk menunda pengungkapan berita negatif, mengelola laporan keuangan untuk lebih menunjukan wajah positif perusahaan dan menilai lebih kinerja dan prospek keuangan perusahaannya.

B.  Isu-isu pengukuran dan pengungkapan secara khusus dalam pelaporan keuangan

Pelaporan keuangan perusahaan dan pengungkapan perusahaan yang ada dalamkonteks yang dinamis, terus berubah sejalan dengan dunia bisnis. Perusahaandiuntungkan jika mereka lincah dalam beradaptasi dengan struktur perusahaan danmengembangkan atau memanfaatkan instrumen keuangan yang inovatif dan canggih. Ditengah perkembangan dunia bisnis berdiri profesi akuntansi yang perlu untuk menjamin pelaporan lanjutan dan integritas laporan keuangan.

Terdapat empat isu akuntansi dan pengungkapan yang luas yang mungkin sangat penting untuk masa depan pelaporan keuangan:

  1. Pengakuan dan pengukuran manfaat dan kewajiban bisnis, dengan kata lain, apa itu bahwa kita harus melaporkan dalam laporan keuangan suatu perusahaan;

Sebagian besar aset yang “berwujud” dan dengan pengecualian tertentu diakui pada nilai wajar saat ini. Tentu saja, nilai tercatat beberapa aset seperti tanah atau sumber daya alam (misalnya, kayu, tambang, minyak dan gas) bisa secara signifikan tidak sinkron dengan nilai saat ini, tetapi gagasan penilaian triwulanan atau tahunan dipandang tidak praktis. Demikian pula, mengukur nilai aset menggunakan indeks perubahan spesifik aset kategori harga atau nilai pasar jika diketahui ide yang telah direview di masa lalu dan hal tersebut perlu digali lagi, dan masih dipandang tidak praktis.

Keprihatinan yang kemudian timbul, adalah bahwa ada sejumlah besar pengukuran aset yang buruk melalui akuntansi biaya historis dan, yang lebih penting, bahwa kita memiliki seluruh kategori aset yang tidak diakui sama sekali. Dan masalahnya semakin parah. Secara khusus, itu adalah kelompok terakhir dari aset -mereka yang bahkan tidak diakui – yang merupakan pertumbuhan tercepat dan paling penting bagian dari sebagian besar perusahaan baru kami. Dalam beberapa tahun terakhir, misalnya, perusahaan jasa terdiri dari segmen dengan pertumbuhan tercepat dari perekonomian kita. Satu ide perlu ditelusuri untuk membuat laporan keuangan lebih relevan, sementara mengakui ketidakpastian yang berkaitan dengan pengukuran aset tidak berwujud, akan mengungkapkan pengukuran seperti di lokasi di luar laporan keuangan tradisional.

  1. Ketepatan waktu pelaporan keuangan, dengan kata lain, ketika harus diakui item dilaporkan;

Percepatan peristiwa yang mempengaruhi perusahaan secara signifikan telah mulai membuat sistem audit tahunan kami dan laporan triwulanan agak usang. Sekali lagi, jika seseorang memiliki beberapa tahun laporan keuangan tahunan yang telah diaudit, ada kemungkinan yang baik untuk dapat memprediksi, setidaknya dalam rentang yang wajar, kinerja selama tahun depan. Dan dengan laporan keuangan tahun depan, orang bisa memprediksi, sekali lagi dalam beberapa rentang yang wajar,kinerja keuangan tahun berikutnya.

Laporan tahunan dan kuartalan bahkan tidak menangkap dan mengkomunikasikan perkembangan materi dalam waktu yang cukup untuk memenuhi kebutuhan informasi pasar. Siklus produk telah diperpendek dan produk  perusahaan secara keseluruhan menjadi usang jauh lebih cepat dibandingkan sebelumnya. Sebagai contoh, kita telah menyaksikan perkembangan pesat derivatif tertentu yang mungkin terkena fluktuasi pasar bulanan, mingguan, dan bahkan harian yang signifikan. Instrumen ini dapat menyebabkan pergeseran material dalam nilai portofolio perusahaan dan bahkan mungkin membahayakan seluruh modal suatu perusahaan dalam hitungan beberapa bulan atau kurang. Konsep mark-to-marketdapat membantu dalam mengkomunikasikan risiko bisnis dalam konteks ini dan jenis pengungkapan nilai risiko mungkin bisa lebih berguna, tetapi bahkan perkembanganini dibatasi oleh sejauh mana mereka diungkapkan secara tepat waktu.Pengembangan sistem yang memenuhi kebutuhan akan informasi keuanganyang tepat waktu sangat diperlukan dalam hal ini. Dengan kata lain, dalam menilaimasa depan akuntansi harus menurunkan biaya modal dengan mengurangi risiko danmenuntut pengembalian. Itu dilakukan, sebagian, dengan meningkatkan aliraninformasi yang relevan ke pasar pada waktu yang tepat.

  1. Konsep perusahaan

Ada perusahaan publik dengan beberapa anak perusahaan publik, masing-masing dengan joint venture, perjanjian lisensi, dan afiliasi lainnya. Semakin longgar afiliasi perusahaan dalam usaha patungan atau hubungan pelanggan-pemasok yangmeniru bentuk perusahaan terintegrasi dan larut dalam hitungan bulan atau bahkanminggu. Ini akan menjadi tantangan untuk menentukan bagaimana seseorang untuk menjelaskan perusahaan-perusahaan virtual dalam cara yang tepat waktu akurat danadil atas ukuran pendapatan, arus kas, dan aset riil dan yang membuat rasa sedikit dari perspektif pengguna laporan keuangan. Saat GAAP dan SEC bekerja sama untuk membuat persyaratan pelaporan untuk mengikuti perubahan yang cepat dalamstruktur dan fungsi perusahaan yang telah terjadi pada kita. Kami telah memulai perencanaan yang diperlukan untuk mengantisipasi bagaimana mengatasi perkembangan masa depan. Revolusi informasi bergerak ke dataran tinggi baru di mana bisnis dapat beroperasi, misalnya di perusahaan-perusahaan virtual jauh lebih fleksibel, cepat, dandengan kelincahan yang lebih besar daripada sebelumnya. Dan perubahan ini, menemukan kebebasan baru, bukan satu tahap, tetapi jenis. Pelaporan keuanganharus diperiksa pada tingkat konseptual dan perubahan yang diperlukan dalam pelaporan tersebut untuk mengakomodasi perubahan yang terjadi dalam bisnis yangmungkin terjadi di dasar pelaporan keuangan itu sendiri.

  1. Saluran distribusi dan menengah

Untuk memastikan kegunaan lanjutan pelaporan keuangan dan pengungkapan,kita harus mengakui bahwa saluran distribusi saat ini dan metode diseminasi dananalisis memiliki banyak hubungannya dengan apa yang dilaporkan sesuai konsepdasar yang ditentukan GAAP. Secara tradisional kami bergantung pada SEC danlaporan berkala kepada pemegang saham, analis, dan lain-lain untuk menginformasikan pasar tentang kesehatan keuangan perusahaan. Hanya baru-baruini kami membuat kemajuan dalam hal mengembangkan sistem komputerisasi untuk mendistribusikan informasi ini, seperti melalui Electronic Data Gathering andRetrieval System (EDGAR) atau melalui vendor komersial, seperti Lexis / Nexis.Sudah tidak praktis secara fisik untuk memberikan banyak informasi terpilahkarena belum ada mekanisme yang wajar untuk mendistribusikan seperti sejumlah besar informasi dan yang lebih penting, belum ada mekanisme yang wajar untuk menganalisis itu.

Sederhananya, pengguna membutuhkan informasi agregat karenatanpa itu, informasi yang terpilah itu tak terduga.Pengguna informasi tertentu sudah memiliki sarana untuk melakukan analisistingkat tinggi pada informasi yang dipilah. Analis sering menghabiskan banyak waktudan usaha mencoba untuk menguraikan informasi dikumpulkan oleh akuntan dan persyaratan akuntansi. Di masa depan, pengguna akhir jelas akan memiliki akses keanalisis dan database elektronik yang akan membuat informasi ini sangat berguna dantepat waktu kepada mereka – jika disediakan. Satu bayangan dari sebuah dunia dimana informasi ini dapat diberikan melalui akses on-line langsung untuk memilih bagian-bagian dari sistem informasi manajemen perusahaan, sehingga memungkinkan pengguna akhir untuk mengambil dan menganalisis data untuk keperluan internal mereka sendiri dan tiba pada keputusan lebih dekat disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing.

C.   PRAKTIK PELAPORAN DAN PENGUNGKAPAN

  1. Pengungkapan Informasi Yang Melihat Masa Depan

Pengungkapan informasi yang meelihat masa depan dianggap sangat relevan dalam pasar ekuitas di seluruh dunia. Sebagai contoh, Direksi Keempat UE menyatakan bahwa laporan tahunan harus memuat indikasi kemungkinan perkembangan perusahaan di masa depan. Rgulasi S-K SEC mengharuskan perushaaan untuk mengungkapkan informasi yang telah diketahui pada saat ini yang akan berpengaruh secara material terhadap likuiditas, sumber daya modal dan hasil operasi di masa depan. Contoh ketiga adalah Bursa Efek Tokyo TSE “meminta” kepada manajemen perusahaan yang tercatat untuk menyediakan ramalan penjualan, laba dan deviden dalam pengumuman pers tahunan dan semesteran yang dilakukan. Di sini dipergunakan istilah ‘Informasi yang melihat masa depan” yang mencakup;

(1) ramalan pendapatan,laba(rugi), laba (rugi) per saham (EPS), pengeluaran modal, dan pos keuangan lainnya;

(2) informasi prospektif mengeanai kinerja atau posisi ekonomi masa depan yang tidak terlalu pasti bila dibandingkan dengan proyeksi pos, periode fiscal, dan proyeksi jumlah;dan

(3) laporan rencana manajemen dan tujuan operasi di masa depan.

  1. Pengungkapan Segmen

Permintaan investor dan analis akan informasi mengenai hasil operasi dan keuangan segmen industry dan segmen geografi perusahaan tergolong signifikan dan semakin meningkat. Sebagai contoh, apara analis keuangan di Amerika Serikat secara konsisten telah meminta data laporan keuangan dlam bentuk disagregat yang jauh lebih detail dari yang ada sekarang. Standar Pelaporan Keuangan Internasional (IFRS) juga membahas pelaporan segmen yang sangat detail, sebagaimana juga standar akuntansi di banyak negara yang lain. Pemisahan menurut lini usaha dan area geografis akan membantu memepertimbangan yang lebih terinformasi mengenai perusahaan secara keseluruhan.

  1. Pengungkapan Tanggung Jawab Sosial

Pelaporan tanggung jawab social mengacu pada pengukuran dan komunikasi informasi mengenai pengaruh suatu perusahaan terhadap kesejahteraan karyawannya, masyarakat setempat dan lingkungan. Hal ini mencerminkan kepercayaan bahwa perusahaan berutang kepada para pihak yang berkepentingan dalam bentuk laporan akuntansi tahunan mengenai kinerja sosial dan lingkungannya, seperti halnya informasi keuangan yang diberikan kepada para pemegang saham.

Informasi mengenai kesejahteraan karyawan telah lama menjadi perhatian bagi organisasi buruh. Bidang permasalahan yang menjadi perhatian terkait dengan kondisi kerja, keamanan, pekerjaan, kesetaraan dalam kesempatan, keanekaragaman angkatan kerjadan tenaga kerja anak-anak. Pengungkapan karyawan juga diminati oleh para investor karena memberikan masukan berharga mengenai hubungan kerja, biaya, an produktivitas perusahaan.

  1. Pengungkapan Khusus Bagi Para Pengguna Laporan Keuangan Nondomestik Dan Prinsip Akuntansi Yang Digunakan

Laporan tahunan dapat berisi pengungkapan khusus untuk mengakomodasi para pengguna laporan keuangan nondomestic. Pengungkapan yang dimaksud seperti

  • ”penyajian ulang untuk kenyamanan” informasi keuangan ke dalam mata uang nondomestik;
  • penyajian ulang hasil dan posisi keuangan secara terbatas menurut kelompok kedua standar akuntansi;
  • set lengkap laporan keuangan yang disusun sesuai dengan kelompok kedua prinsip akuntansi; dan pembahasan mengenai perbedaan antara prinsip akuntansi yang digunakan dalam laporan keuangan utama dan beberapa set prinsip akuntansi yang lain.

      4.  Pengungkapan Pengelolaan Perusahaan

Tata kelola perusahaan berhubungan dengan alat-alat internal yang digunakan untuk menjalankan dan mengendalikan sebuah perusahaan-tanggung jawab, akuntabilitas dan hubungan di antara para pemegang saham, anggota dewan dan para manajer yang dirancang untuk mencapai tujuan perusahaan. Masalah-masalah tata kelola perusahaan antara lain meliputi hak dan perlakuan kepada pemegang saham, tanggung jawab dewan, pengungkapan dan transparansi dan peranan pihak-pihak yang berkepentingan. Amerika Serikat, Inggris, dan Australia merupakan contoh dari sejumlah negara yang mengharuskan perusahaan-perusahaan yang tercatat sahamnya untuk membuat pengungkapan tata kelola perusahaan secara khusus dalam laporan tahunannya.

Pengungkapan Dan Pelaporan Bisnis Di Internet

Web memungkinkan penyebarluasan informasi secara interaktif melalui cara yang tidak mungkin bila dilakukan dalam bentuk cetakan. Perdagangan surat berharga dengan menggunakan internet telah meningkatkan permintaan terhadap pelaporan usaha dan keuangan berbasis web. Investor perorangan semakin menggunakan web untuk melakukan transaksi perdagangan dan membuat keputusan investasi, dan menggunakan web sebagai sumber informasi yang penting.

Suatu perkembangan penting yang akan memfasilitasi pelaporan usaha berbasis web adalah Bahasa Pelaporan Usaha wXtensible (eXtensible Business Reporting Language-XBRL). XBRL merupakan tahap awal revolusi pelaporan keuangan. Bahasa computer ini dibangun ke dalam hamper seluruh software untuk pelaporan akuntansi dan keuangan yang akan dikeluarkan di masa depan, dan kebanyakan pengguna tidak perlu lagi mempelajari bagaimana mengolahnya segingga secara langsung dapat menikmati manfaatnya.

Pengungkapan Laporan Tahunan Di Negara-Negara Dengan Pasar Baru Muncul

Pengungkapan laporan tahunan di Negara-negara pasar berkembang secara umum kurang ekstensif dan kurang kredibel dibandingkan dengan pelaporan perusahaan di Negara-negara maju. Sebagai contoh, pengungkapan yang tidak cukup dan yang menyesatkan dan perlindungan konsumen yang terabaikan disebut-sebut sebagai penyebab krisis keuangan Asia Timur tahun 1997. Tingkat pengungkapan yang rendah di negara-negara pasar berkembang tersebut konsisten dengan sistem tata kelola perusahaan dan keuangan di negara-negara itu. Pasar ekuitas tidak terlalu berkembang, bank dan pihak internal seperti kelompok keluarga menyalurkan kebanyakan kebutuhan pendanaan, dan secara umum tidak terlalu banyak adanya kebutuhan akan pengungkapan pengungkapan publik ysng kredibel dan tepat waktu, bila dibandingkan dengan perekonomian yang lebih maju.

D.    Implikasi Bagi Para Pengguna Lapoaran Keuangan dan Para Manajer

Para manajer dari banyak perusahaan terus-menerus sangat dipengaruhi oleh biaya pengungkapan informasi yang bersifat wajib, tingkat pengungkapan wajib maupun sukarela semakin meningkat di seluruh dunia. Manajer di negara-negara yang secara tradisional memiliki pengungkapan rendah harus mempertimbangkan apakah menerapkan kebijakan peningkatan pengungkapan dapat memberikan manfaat dalam jumlah yang signifikan bagi perusahaan mereka. Lagipula, para manajer yang memutuskan untuk memberikan pengungkapan yang lebih banyak dalam bidang-bidang yang dipandang penting oleh para investor dan analis keuangan, seperti pengungkapan segmen dan rekonsiliasi, dapat memperoleh keunggulan kompetitif dari perusahaan lain yang memiliki kebijakan pengungkapan yang ketat.


PENUTUP

Kepentingan relatif pada pasar ekuitas dalam perekonomian nasional yang tumbuh dan investor individual menjadi lebih aktif dalam pasar ini. Sebagai hasilnya, pengungkapan publik, proteksi investor, nilai pemegang saham, dan pasar modal yang terbentuk dari pengelolaan perusahaan menjadi sangat penting. Walaupun praktik pengungkapan sangat beragam dari negara yang satu dengan yang lainnya, namun mereka satu. Akan tetapi, perbedaan yang penting di antara negara akan berlanjut dengan mempengaruhi praktik banyak perusahaan, khususnya bagi semua perusahaan yang tidak aktif dalam hal produk atau pasar modal internasional.

Pemerintah mengatur siapa yang menjaga atau meningkatkan kredibilitas pasar modal mereka juga memengaruhi praktik pengungkapan di seluruh dunia. Bursa saham telah dapat disimpulkan bahwa mereka terus tumbuh dan berhasil mempertahankan penawaran pasar berkualitas tinggi dengan proteksi investor efektif. Hasilnya, kekeliruan pengatur dan bursa saham meningkat dan kebutuhan akan pengungkapan menjadi lebih keras. Maraknya proteksi lebih terhadap investor dan mempertinggi pengungkapan akan terus berjalan seperti halnya bursa saham menghadapi persaingan dari satu sama lain dan dari sistem perdagangan yang kurang teratur.

  


 

 DAFTAR PUSTAKA

http://www.academia.edu/4908989/PENGUNGKAPAN_LAPORAN_KEUANGAN_DALAM_AKUNTANSI_INTERNASIONAL

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s